Latihan Glagaspur L-III Satkor dan Satfib Koarmada II Masuki Tahap Pendaratan Amfibi

banner 120x600

Reporter ; Arifin / TNI AL. Koarmada II

SRN/SITUBONDO/18-11-2023 – Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) L-III Satuan Kapal Eskorta (Satkor) dan Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II kini telah memasuki tahapan Pendaratan Pasukan Amfibi yang dilaksanakan di Pantai Banongan, Situbondo Jawa Timur. Sabtu (18/11).

Latihan tersebut bertujuan untuk melaksanakan rangkaian latihan dan uji terampil, guna mengetahui tingkat kemampuan prajurit dalam penugasan, pemahaman, serta keterampilan dalam mengawaki peralatan pos tempur, agar mempunyai standar yang dipersyaratkan dalam melaksanakan operasi dan latihan.

Ketika pendaratan dilaksanakan, ratusan pasukan pendarat dan kendaraan tempur Korps Marinir dengan gesit dan cepat, serta penuh percaya diri, satu persatu keluar dari mulut rampa Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) unsur Koarmada II untuk melaksanakan pendaratan Amfibi di Pantai Banongan Situbondo, yang telah dikuasai musuh untuk direbut dan dikembalikan kepangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dentuman dan tembakan bantuan dari Kapal Perang Republik Indonesia, mengawali serbuan ke pantai untuk mengawal Pasukan Pendarat Korps Marinir bermanuver dari laut ke darat memasuki wilayah pantai Banongan yang telah dikuasai musuh.

Di tempat berbeda, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., melalui sambutannya menyampaikan bahwa peperangan laut merupakan salah satu kemampuan peperangan yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut, dan untuk mendapatkan kemampuan itu Koarmada II menyelenggarakan Latihan Glagaspur L-III Satkor dan Satfib Koarmada II guna mewujudkan, mempertahankan, dan meningkatkan keterampilan perorangan maupun kelompok dalam melaksanakan peperangan laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.