Bandara Udara Kertajati Resmi Beroperasi Layani 7 Rute Penerbangan

RESMI BEROPERASI, BANDAR UDARA KERTAJATI LAYANI 7 RUTE PENERBANGAN
banner 120x600

Reporter  : Satriya – SRN

Sumber    : Info Penerbangan

SRN/BANDUNG/31-10-2023 – Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, resmi beroperasi penuh menggantikan peran Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung, pada Minggu (29/10).

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan beroperasi penuh melayani penerbangan domestik dan internasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas dua penerbangan perdana, yaitu maskapai AirAsia rute Kertajati-Denpasar keberangkatan pukul 08.15 WIB dan penerbangan maskapai Super Air Jet rute Kertajati-Medan keberangkatan pukul 08.30 WIB.

Menhub mengungkapkan, landasan pacu di Bandara Kertajadi lebih panjang dibandingkan dengan Bandara Husein Sastranegara. Tujuannya agar pesawat besar seperti Boeing 777 bisa mendarat, sehingga penerbangan dari luar negeri baik dari Asia, Eropa, dan negara lainnya, bisa langsung mendarat di Jawa Barat.

“Maka itu, penerbangan kami pindah ke Bandara Kertajati,” ujar Budi Karya lewat keterangan tertulis pada Minggu (29/10).

Bandara Kertajati memiliki luas lahan sebesar 1.800 hektar, dengan luas terminal penumpang 121 ribu meter persegi. Selain itu terminal kargonya memiliki luas 90 ribu meter persegi, serta panjang runway 3.000 meter x 60 meter.

Bandara Kertajati diproyeksikan dapat melayani sebanyak 5,6-12 juta penumpang per tahun hingga 2024, dan diproyeksikan mencapai 29,3 juta penumpang per tahun pada 2032. Setelah pengalihan penerbangan ini, setiap harinya ada sebanyak 16 penerbangan dengan kapasitas tempat duduk sebesar 32.760 pax per minggu atau 4.680 pax per hari (datang dan berangkat).

Terdapat sebanyak tujuh rute yang dialihkan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati yaitu tujuan Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), serta Palembang (PLM). Ketujuh rute tersebut dilayani pesawat jet maskapai Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet. Sementara itu, rute penerbangan berjadwal luar negeri tujuan Kuala Lumpur, Malaysia telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023, termasuk penerbangan umroh dan haji.

Aksesibilitas dari dan ke Bandara Kertajati semakin mudah dan cepat dengan adanya Tol Cisumdawu. Terdapat beragam pilihan moda transportasi massal, antara lain Bus Damri, travel, taksi dan mikro bus dari sejumlah titik di kawasan Bandung Raya dan daerah lainnya, seperti Sumedang, Cirebon, Kuningan, Karawang, Majalengka, Tasikmalaya, Indramayu, Cimahi, Purwakarta, Subang, Ciamis, Banjar, serta Pangandaran.

Di sisi lain, Budi mengatakan, dengan telah beroperasinya tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu), aksesibilitas dari dan ke Bandara Kertajati semakin mudah.

“Perjalanan menjadi lebih dekat, cepat dan lebih terjangkau, dibandingkan sebelum ada tol atau jika dibandingkan dengan perjalanan dari Bandung dan daerah sekitarnya di Jawa Barat ke Bandara Soekarno Hatta atau Halim Perdanakusuma, Jakarta,” tuturnya.

“Untuk mengaksesnya, telah disiapkan banyak pilihan angkutan antarmoda, seperti Damri, dan sejumlah perusahaan bus dan travel swasta, dan taksi,” sambungnya.

Sekadar diketahui, Bandara Kertajati resmi menggantikan peran Bandara Husein per hari ini. Semua penerbangan dari Bandara Husein pindah ke Bandara Kertajati.

Meski dialihkan ke Bandara Kertajati, Bandara Husein tetap akan melayani penerbangan. Ke depannya Bandara Husein hanya melayani penerbangan pesawat jenis tertentu, seperti propeller (baling-baling), jet pribadi, pesawat militer hingga pesawat VIP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.