PEMKOT SURABAYA GELAR HAUL KE 2 KI AGENG PENGGING

PEMKOT SURABAYA GELAR HAUL KE 2 KI AGENG PENGGING
banner 120x600

Reporter  : Wafi/Satriya-SRN

SRN/SURABAYA/15-05-2023 –  Warga Kota Surabaya mungkin belum banyak yang mengetahui akan tempat peristirahatan dari Ki Ageng Pengging. Beliau Ki Ageng Pengging adalah Ayah dari Mas Karebet atau biasa dikenal sebagai Joko Tingkir, juga dikenal dengan sebutan Sultan Hadiwijay, Raja pertama Pajang.

Tempat peristirahatan dari Ki Ageng Pengging. Beliau Ki Ageng Pengging adalah Ayah dari Mas Karebet atau biasa dikenal sebagai Joko Tingkir, juga dikenal dengan sebutan Sultan Hadiwijay, Raja pertama Pajang.

Ki Ageng Pengging atau nama aslinya Ki Kebo Kenongo, beliau dimakamkan di daerah Jalan Raya Ngagel No. 87, Kelurahan Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, pada hari Senin (15/05), pukul 04.30 WIB, diadakan acara Haul ke 2 (Dua) Ki Ageng Pengging.

Makam yang terletak di Jalan Ngagel ini, luasnya kurang lebih 30×30 Meter persagi, ada sekitar 15 makam pengikut beliau, yang juga dimakamkan dilingkungan pemakaman Ki Ageng Pengging, mereka adalah, Mbah Endang, Mbah Peking, Mbah Rogo, Mbah Wongso, Mbah Prabu, Mbah Purbo, Mbah Suro Kuning, Mbah Boyo, Mbah Ronggo, Mbah Moh. Kojin, Mbah Saleh, Mbah Ibrahim, Mbah sapu Jagat, Mbah sigit, dan Mbah Kadal Buntung.

Konon Ki Ageng Pengging ini merupakan salah satu murid Syekh Siti Jenar, pada tahun 2020 Komplek Pemakaman ini di hibahkan kepada Pemkot Surabaya, sewaktu Wali Kota Surabaya, Risma, oleh Keluarga Besar Ki Ageng Pengging, sejk itu banyak perubahan dan perawatan yang diberikan oleh Pemkot Surabaya, Termasuk pelaksanaan Haul ke 2 (Dua) kali ini dilaksanakan oleh Pemkot Surabaya.

Haul ke 2 (Dua) kali ini, diadakan pada hari senin (15/05), mulai pukul 04.30 WIB, diawali dengan bacaan Ayat Suci Al Quran, kemudian dilanjut pada puncak acara pada pukul 20.00 WIB, pelaksanaan acara di Komplek Pemakaman Ki Ageng Pengging, dihadiri oleh Ahli Waris Keluarga dari Ki Ageng Pengging, R. Erwin Sosrokusumo (64) yang berdomisili di Sidoarjo, Tokoh Ulama dan Tokoh Masyarakat, Gus Miftakhul Huda, Staf Ahli Bidang Hukum Wali Kota Surabaya, Afghani Whardana,  Camat Wonokromo, Maria Agustim Turistina bersama Sekcam, Danramil Wonokromo, Jajaran Polsek Wonokromo dan Sat Pol PP sebagai Keamanan acara haul Ki Ageng Pengging. Tepat pukul 22.30 WIB, acara Haul Ki Ageng Pengging usai dilaksanakan.

Ahli Waris Keluarga dari Ki Ageng Pengging, R. Erwin Sosrokusumo (64) Pojok Kiri

“ Alhamdulillah acara Haul ke 2 (Dua) Ki Ageng Pengging berjalan Cukup Lancar dan Aman, serta cuaca Kota Surabaya cukup mendukung dan bersahabat, terimakasih pada semua Tokoh yang hadir, para undangan dan Pemerinah Kota Surabaya yang telah menyelenggarakan Haul ke 2 (Dua) kali ini, Kami Keluarga Besar Ki Ageng Pengging mengaturkan Sembah Nuwun atas perhatian dan pelaksanaan Haul kali ini bercalan lancer dan penuh hikmad,” ungkap R. Erwin Sosrokusumo saat ditemui Media SRN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.