MASJID RAYA ISLAMIC CENTER DESTINASI RELIGI NGABUBURIT PADA BULAN PUASA

Ustadz Khoirur Roziqin dari DMI Jatim saat sedang memberikan ceramah Kajian Islam jelang waktu Maghrib di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur.
banner 120x600

SRN/SURABYA/24-03-2023 – Keberadaan Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur yang diresmikan Gubernur Khofifah, Sabtu (18/03) lalu, menjadi opsi bagi umat Islam untuk berjamaah sholat serta ibadah lainnya. Bahkan masjid yang berada di komplek Gedung Islamic Center Jl. Raya Dukuh Kupang Surabaya ini selama bulan Ramadhan 1444 H telah siap menyelenggarakan berbagai kegiatan ibadah seperti sholat tarawih, kajian Islam, taddarus Alqur’an dan tentunya sebagai bentuk pelayanan kepada umat Islam yang berpuasa, disiapkan makanan – minuman ta’jil dan nasi kotak berbuka puasa. Pilihan baru bagi warga Surabaya dan sekitarnya untuk ngabuburit jelang buka puasa sekaligus bisa ikutan kajian Islam sebelum adzan magrib sekaligus berbuka puasa bersama.

“Seperti yang dipesankan oleh Ibu Gubernur Khofifah untuk memakmurkan Masjid Raya Islamic Center Jatim namun juga memakmurkan jamaahnya dengan memberikan pelayanan. Khusus di bulan Ramadhan ini Biro Kesra Setdaprov Jatim telah menyusun jadwal kegiatan seperti sholat berjamaah, tarawih, pengajian Islam ba’da subuh dan menjelang buka puasa dan taddarus khotmil Al-Qur’an. Jamaah juga disiapkan ta’jil buka puasa,” terang Kepala Bagian Bina Mental Spiritual Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Doni Nugroho S., Kamis (23/03) sore.

Sementara dari kegiatan Kajian Islam jelang waktu Maghrib di hari pertama bulan Ramadhan ini, diisi oleh Ustadz Khoirur Roziqin dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur, menyampaikan tema Keutamaan Bulan Ramadhan. Dihadapan puluhan jamaah yang semakin banyak menjelang adzan magrib tersebut, Ustadz Khoirur memberikan apresiasi eksistensi Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur ini dengan konsep dakwah makmur masjidnya makmur jamaahnya. Maka momentum bulan Ramadhan ini selain diisi dengan kegiatan ibadah ritual berdasarkan syariat namun juga ritual yang berorientasi sosial seperti shodaqoh, infaq, zakat dan kepedulian sosial lainnya bagi umat manusia secara keseluruhan, terutama bagi yang sangat membutuhkan bantuan.

“Jika mengetahui keutamaan bulan Ramadhan niscaya manusia minta kepada Alloh Subhanallahu wata’ala selama satu 12 bulan semuanya dijadikan bulan Ramadhan. Ramadhan sebagai sahrussiyam, sahrulQur’an, sahrulbarokah dan Sahrul ibadah. Bulan Ramadhan tidak hanya berorientasi ritual ibadah saja tetapi harus berseiring dengan ritual sosial, ukhorowiyah dan duniawiyah, dari Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur ini, jamaah umat Islam merasa aman nyaman dalam aktivitas ibadah dan sosial,” papar Ustadz Khoirur.

Dari pantauan selama saat jelang waktu Maghrib, semakin banyak jamaah yang datang di Masjid Raya Islamic Center Jatim yang  didesain ikonik anti mainstream ini. Nampak juga beberapa driver mobil angkutan barang yang ikut bergabung untuk berbuka puasa bersama. Nah, jika penasaran datang saja sambil ngabuburit.

Reporter  : Satriya

Sumber    : Kominfo Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.