MERAPI KEMBALI ERUPSI ABU VULKANIK SETINGGI 1500 M MENGARAH KE BARAT

MERAPI KEMBALI ERUPSI ABU VULKANIK SETINGGI 1500 M MENGARAH KE BARAT
banner 120x600

SRN/JOGYAKARTA/11-03-2023 – Pada hari Sabtu, (11/03) pukul 12.12 WIB,  Gunung Merapi mengalami erupsi yang menimbulkan abu vulkanik setinggi 1500 Meter dan diperkirakan mengarah ke arah barat.

Informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta, erupsi merapi masih berlangsung hingga pukul 12.31 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis sesuai informasi yang disampaikan oleh BPPTKG menyatakan bahwa, erupsi Gunung Merapi ini diperkiraan menempuh jarak 7 Kilometer dari puncak Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak, teramati dari Pos pengamatan Babadan, satu kali guguran lava dengan jarak luncur 1500 Meter,  mengarah ke Barat Daya, suara guguran dua kali dengan intensitas sedang.

Potensi bahaya adalah guguran lava dan awan panas, pada sektor Selatan-Barat Daya meliputi sungai sungai Boyong maksimal sejauh 5 Kilometer. Kemudian Sungai Bedog, Krasak, dan Bebeng maksimal sejauh 7 Kilometer. Pada  sektor Tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 Kilometer, dan Sungai Gendol sejauh 5 Kilometer.

Lebih lanjut BPPTKG menyebutkan, lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 Kilometer dari puncak.

Sementara itu berdasarkan laporan Yulianto, petugas Pos pengamatan Gunung Merapi di Babadan mengatakan bahwa abu vulkanik cukup tebal pada erupsi kali ini.

Reporter  : Rofiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.