Budaya  

MENINGKATKAN DAN MENGEMBANGKAN POTENSI PESISIR PANTAI KENJERAN SURABAYA

MENINGKATKAN DAN MENGEMBANGKAN POTENSI PESISIR PANTAI KENJERAN SURABAYA
banner 120x600

SRN/SURABAYA/09-03-2023 – Pantai Kenjeran yang terletak di Ujung Kota Surabaya, merupakan tempat Wisata sekaligus merupakan kampong para nelayan Surabaya.

Pemerintah Kota Surabaya, mulai meningkatkan pembangunan di ujung Kota ini, sekaligus peningkatan taraf ekonomi masyarakatnya, terutama para nelayan yang berada di lokasi tersebut.

Pemerintah Kota disini berupayah menata Pantai Kenjeran supaya memiliki nilai jual tinggi untuk Wisata Lautnya, sehingga menambah perekonomian masyarakat sekitar terutama para nelayannya.

Disini untuk ramah lingkungan aktivitas para nelayan, lebih perlu ditingkatkan seperti penggunaan mesin diesel yang lebih efisien atau penggunaan akan  jaring yang tidak merusak lingkungan laut. Selain itu, perlu diadakan edukasi dan kampanye kesadaran lingkungan perlu ditingkatkan pada masyarakat sekitar pantai, agar masyarakat setempat lebih peduli terhadap lingkungan kelestarian sekitarnya, terutama pantai sekitarnya.

Di sisi lain, Pesisir Kenjeran juga memiliki potensi yang cukup tinggi untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata yang berkelanjutan. Disini peran Pemerintah dan Pengusaha setempat dapat mengembangkan Pariwisata yang berbasis kearifan lokal, seperti mengembangkan Wisata Kuliner khas Daerah atau mempromosikan Seni dan Budaya setempat. Dengan demikian, potensi Wisata di Pesisir Kenjeran dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat, sekaligus memperkuat identitas Budaya dan menjaga kelestarian lingkungan.

Kehidupan di Pesisir Kenjeran mengajarkan kita tentang betapa pentingnya menghargai Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Masyarakat setempat telah menggantungkan hidupnya pada hasil laut selama berabad-abad, dan mereka memiliki kearifan lokal yang perlu dilestarikan.

Banyak Budaya budaya lokal di Pesisir Pantai Kenjeran ini, yang perlu kita lestarikan dan ditingkatkan, seperti Larung Saji dan Lomba Hias Perahu Nelayan, dengan adanya meningkatan dan pelestarian Budaya Lokal maka ini bisa menambahkan nilai jual untuk dijadikan Wisata Kota Surabaya.

Reporter   : ABD Syukur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.