PELATIHAN SMACK BALL PESERTA SMP SWASTA SE-SURABAYA

PELATIHAN SMACK BALL PESERTA SMP SWASTA SE-SURABAYA
banner 120x600

SRN/SURABAYA/03-03-2023 – Smack Ball merupakan cabang olah raga baru yang  dari Indonesia pada tahun 2009 tepatnya di Surabaya. Permainan smack ball atau bola banting merupakan olahraga yang tergolong dalam permainan bola besar khususnya, Rabu (01/03) siang.

Maka dari itu diperlukan olahraga untuk menjaga jasmani yang selalu prima dan dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat,” Tuturnya.

“Iwan Heri Santoso, S.pd.,M.pd selaku pelatih (Narasumber) menambahkan, bahwa sebelumnya telah mengenalkan tentang olahraga Smack Ball ini ke masyarakat, melihat animo masyarakat khususnya siswa yang begitu besar, maka acara ini digelar di lapangan Gooll Futsal, Jalan Mangga Dua, Jagir Wonokromo, dan pelatihan bagi guru SMP Se – Surabaya,” Imbuhnya.

Smack Ball ini merupakan olahraga yang menggabungkan antara Basket, Hand Ball dan American football. Latar belakang diciptakannya olahraga ini adalah untuk memberikan pilihan olahraga  yang mudah dilakukan oleh semua masyarakat.

“Olahraga ini hasil pengembangan dari tiga bentuk permainan, diantaranya Bola Basket, Bola Tangan dan America Football,” Tutur Iwan, penemu Smack Ball.

Olahraga ini tidak membutuhkan keahlian khusus, cukup kemampuan berlari membawa dan melempar bola. Ini dapat melatih refleks, kerjasama dan komunikasi serta ketajaman strategi dalam mencetak angka.

Permainan olahraga ini asli buatan lokal, unik karena menggunakan dua bola dan kedua tim dapat saling menyerang dan bertahan.

Pemain pun tidak membutuhkan Skill khusus untuk bermain olahraga tersebut, satu tim terdiri dari 10 orang yang dibagi menjadi penyerang dan bertahan, lalu permainan dilakukan dalam 4 set dengan 1 setnya hanya 10 menit.

Cara mencetak gol atau poin yaitu membanting bola ke lempeng sasaran yang berjumlah dua orang pada masing – masing tim. Saat tim menyerang pada saat bersamaan pula tim tersebut diserang dan ini membuat aktivitas yang sama dalam posisi pertahanan masing – masing,” Pungkas Iwan.

Kontributor  : Iswahyudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.