Hukum  

DIDUGA KORUPSI RATUSAN WARGA ILE PATI MENGAMUK DI KANTOR KEPALA DESA  

Kepala Desa (Kades) Ile Pati, Kecamatan Ile Pati, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Mikhael Sedu diamuki Ratusan Warga Desa Ile Pati di kantor Desa setempat, pada Selasa (28/02).
banner 120x600

SRN/FLORES TIMUR-Kepala Desa (Kades) Ile Pati, Kecamatan Ile Pati, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Mikhael Sedu diamuki Ratusan Warga Desa Ile Pati di kantor Desa setempat, pada Selasa (28/02).

Sekitar 300 Warga menyerbu di Kantor Desa dan mendapati Kades Mikhael Sedu dengan pakaian keki lengkap dalam Kantor Desa.  Kades sempat berusaha melarikan diri, tetapi warga keburu menutup pintu sehingga Kades dengan keringat penuh ketakutan diserbu warga.

Hal ini diketahui melalui Video Master yang dibagikan langsung di Akun facebook Warga Ile Pati yang bernama Kembar. Tampak dalam Video Viral itu masyarakat mengamuk besar dalam Kantor Desa. Demo tersebut dipimpin oleh Tokoh Masyarakat Matias Liat, Rofinus Yanto dan Ferdi Pati.

Adapun tuntutan masyarakat yang merupakan dugaan korupsi Kades adalah ;

1.Menuntut Pembayaran PKTD tahun Anggaran 2022 sebesar Rp 74 juta lebih, yang sudah dicairkan dan juga sudah di LKPJ kan Kades. Diduga laporan LKPJ fiktif dan dananya sudah dikorupsi Kades.

2.Menuntut Pembayaran Bantuan Bencana Alam oleh 4 Kepala Keluarga (KK) yang berhak menerimanya. Anehnya dana tersebut sudah ditransfer melalui Rekening Anak Kandung Kades, bukan melalui Rekening Desa atau langsung ke Rekening Penerima Bantuan. Lebih parah lagi, Kades Mikhael Sedu menipu masyarakat bahwa dana tersebut belum masuk,  pedahal diduga sudah dikorupsi Kades. Kasus ini pun sudah ditangani pihak Tindak Pidana Korupsi (TPK) Flotim dan Kepolisian Resort (Polres) Flotim dan sudah Dua kali pemanggilan sang Kades tapi masih mangkir.

3.Meminta Kades Mikhael Sedu diproses hukum karena diduga melakukan korupsi dengan modus pinjam uang Dana Desa di Bendahara Desa Donatus Lewo sebesar Rp.19 Juta Rupiah. Jadi Total dana yang diduga dikorupsi sang Kades Mikhael  Sedu Ratusan Juta dengan berbagai modus.

4.Masyarakat meminta BPD mengevaluasi sang Kades Mikhael Sedu dan meminta pihak Polisi, Jaksa bisa mengusut kasus Korupsi ini dan Kades diberhentikan oleh Penjabat Bupati.

Tampak Video Viral Kades Ile Pati korupsi ini dibagikan beberapa kali dan terdengar teriakan masyarakat meminta pertanggungjawaban Kades Mikhael Sedu.

Beberapa Warga Desa menyatakan menyesal memilih sang kades, karena baru dilantik menjadi Kades Setahun saja sudah korupsi apalagi menjabat selama 6 tahun.

Masyarakat pun meminta Lembaga Bantuan Hukum (LBH) atau Pengacara atau LSM membantu perjuangan mereka karena takut diintimidasi dikemudian hari oleh sang Kades.

Reporter  : Maksimus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.