PESAWAT AMFIBI API BANYUWANGI UJI COBA MENDARAT DI DANAU TOBA

Pesawat amfibi API Banyuwangi mendarat di perairan kota Balige, kabupaten Toba.
banner 120x600

SRN/BANYUWANGI/25-02-2023  –  Dalam rangka Event Internasional F1 PowerBoat H2O yang diselenggarakan di Balige, Danau Toba, API Banyuwangi, turut berpartisipasi dengan menghadirkan demo Pesawat Amfibi.

Dalam acara tersebut, pesawat didatangkan khusus dari Banyuwangi pada hari Kamis, (16/02), dalam hal ini Tim API Banyuwangi terdiri dari pilot, mekanik dan staf pendukung dibawah Pimpinan Tim Daniel Rumani sebagai Direktur API Banyuwangi.

Tim API ini dengan diperkuat dua pesawat tersebut, harus singgah di beberapa Bandar Udara untuk mengisi bahan bakar, hingga tiba di Bandar Udara Sibisa, pada Selasa, (21/02).

Siang hari, tepatnya pada Kamis (23/02), Pesawat Amfibi jenis Cessna 172, dengan  Registrasi PK-APH melakukan uji coba di tempat depan Podium di Perairan Balige.

Pesawat diterbangkan oleh Capt. Imam dan Capt. Demmy dengan melakukan take off dan landing dua kali, yang berlangsung sangat mulus mendarat di Air Danau yang tenang, selanjutnya kemudian kembali lagi ke Bandara Udara Sibisa, di Kabupaten Toba.

Peristiwapendaratan  tersebut disaksikan langsung oleh  Ahmad Bahrawi selaku Plt. Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Junaidi selaku Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyebrangan, Capt. Daniel D. Rumani selaku Direktur Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi, Andry Nico dan Puji Setyono selaku Tim dari Direktorat Bandar Udara.

Sesuai jadwal yang telah beredar, Pesawat Amfibi akan kembali melakukan atraksi demo dihadapan para penonton F1 PowerBoat , pada Minggu, (26/02).

API (Akademi Penerbangan Indonesia) Banyuwangi merupakan Sekolah Pilot pertama di Indonesia yang mencetak para Pilot dengan rating Pilot Amfibi atau Sea-Land, yaitu pesawat yang dapat mendarat di darat dan juga di air.

Dengan memperkenalkan Model Pesawat Amfibi di Danau Toba, diharapkan suatu saat Danau Toba memiliki lokasi yang diperuntukkan bagi Model Pesawat dengan berjenis  Amfibi, untuk mendukung peningkatan kunjungan Wisata di Kawasan Danau Toba, sebagai Destinasi Prioritas yang sebagian besar terdiri dari perairan.

Reporter  : Satriya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.