PELAJAR SMPI AL AZHAR 13 SURABAYA RAIH PRESTASI DI THAILAD CIPTAKAN INOVASI SMART CAMERA DAN SMART LAMP

Tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya berhasil mendapatkan Silver Medal dalam kegiatan Thailand Inventors’ Day 2023 yang diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) di Bangkok International Trade and Exhibition Centre (BITEC), Bangkok, Thailand
banner 120x600

SRN/SURABAYA/16-02-2023 – Pelajar-pelajar di Surabaya, Jawa Timur kembali menunjukkan kemampuannya dalam menciptakan karya teknologi terbaru. Bahkan hasil inovasi mereka mampu bersaing dalam kompetisi inovasi yang diselenggarakan Kementerian Riset Thailand.

Mereka yang mampu menciptakan inovasi adalah para pelajar dari Sekolah SMP Islam Al-Azhar 13 Surabaya dengan inovasinya yaitu Smart Smart Camera With Machine Learning For Face Mask Detection yang digagas oleh Fawnia Gantari Vimalya Navantyo dan Azzahra Hayfa Nadityo. Serta inovasi 2 in 1 Smart Lamp to Studies and Adjust Sleep Schedule yang digagas oleh Adhara Diandra Ramadhani Harun dan Naomi Azaria Asmirah.

Guru pembimbing menjelaskan Ali Mustofa menjelaskan Machine Learning For Face Mask Detection yang dibuat oleh anak didiknya tersebut berfungsi untuk mendeteksi masker dan dasi disekolah agar para siswa lebih disiplin dalam memakai masker saat pandemi covid-19 lalu, dan juga mengetahui dasi siswa yang nggak rapi

” Ide inovasi tersebut murni dari anak-anak kami yang terbina dalam ekstrakulikuler science dan teknologi, ide inovasi smart camera muncul saat pandemi Covid-19, dimana banyak siswa yang nggak pakai masker dan memakai masker tidak rapi, maka mereka menciptakan alat deteksi,”jelasnya, di Surabaya, Rabu (15/02).

Ia menambahkan nilai jual dari inovasi tersebut adalah sistem mesin yang berfungsi sebagai otak dan mengisi data soal pemakaian masker, oleh karena itu mesin smart camera tersebut bisa juga dimasuki data tentang pemakaian dasi di sekolah.

Sedangkan, inovasi 2 in 1 Smart Lamp to Studies and Adjust Sleep Schedule berfungsi untuk mendeteksi siswa saat mengantuk dalam proses belajar.  Smart lamp tersebut dilengkapi sensor detak jantung yang mendeteksi setiap siswa.

” Kalau mereka mengantuk, otomatis detak jantung menurun, dan mampu akan menyalah, sehingga ada keputusan lanjut belajar atau tidak. Ide ini ditemukan tidak sengaja saat pembinaan teknologi,  dimana para siswa menunggu lama dan cenderung mengantuk,”ujar Ali.

Kepala Sekolah SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya, H. Sifa’ Al Huda, S. Ag., M. Pd. sangat bersyukur atas prestasi anak didiknya yang membanggakan, dan pihaknya akan berupaya terus mengembangkan karya ilmiah berbasis teknologi agar bisa bersaing dalam kompetisi yang lebih tinggi lagi.

Tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya berhasil mendapatkan Silver Medal dalam kegiatan Thailand Inventors’ Day 2023 yang diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) di Bangkok International Trade and Exhibition Centre (BITEC), Bangkok pada tanggal 1 – 8 Februari 2023. Acara tersebut dikuti oleh 469 invensi dari 24 negara dan tim kami menjadi satu-satunya siswa SMP dari Surabaya yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Reporter  : Satriya

Sumber    : Kominfo Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.