CARA MELACAK PONSEL HILANG DENGAN MENGGUNAKAN WA DAN GOOGLE

CARA MELACAK PONSEL HILANG DENGAN MENGGUNAKAN WA DAN GOOGLE
banner 120x600

SRN/SURABAYA/18-01-2023 – Pembaca setia Media SRN (seputarrakyatnews.com) mungkin akan panik bila mendapatkan ponsel  hilang,  Jangan dulu panik jika ponsel pembaca menghilang,  disini kami akan membantu bagaimana cara mencarinya dengan berbagai cara.

Disini ponsel  adalah barang yang tidak bisa lepas dari genggaman. Pasalnya, ponsel  bukan sebatas alat komunikasi saja. Kini, ponsel  juga menjadi alat hiburan hingga cara membayar untuk menggantikan dompet.

Oleh karena itu, bila ponsel hilang tentu sangat merepotkan. Apalagi, ponsel  juga menyimpan banyak informasi berharga dan privasi yang pasti tidak bisa dilihat oleh sembarang orang.

Untungnya smartphone kini  terhubung dengan internet. Karena itu, ponsel milik kita selalu menyiarkan lokasi mereka. Bahkan dalam keadaan mati, ponsel masih bisa dilacak dengan mencari posisi terakhir mereka.

Ponsel  yang hilang dapat dicari mulai dengan menggunakan Google, IMEI, Nomor  Telepon, hingga menggunakan WhatsApp. Seluruh cara itu akan memperlihatkan lokasi terakhir ponsel kita berada.

Berikut Media SRN akan memberikan beberapa cara untuk mencari ponsel yang hilang:

Cara Melacak Ponsel Hilang dengan Google

Disini kita buka situs google.com/android/find di browser, lalu setujui Google untuk melacak lokasi ponsel anda  yang hilang, Login ke akun Google yang tersambung atau ada di ponsel Anda

Jika akun tersebut digunakan di lebih dari satu HP, klik jenis ponsel yang hilang di bagian kiri atas

Jika ponsel  Anda menggunakan lebih dari satu akun Google, login dengan akun yang dijadikan profil utama. Akan muncul notifikasi pada Ponsel  yang hilang dari Google Play Service dan informasi mengenai lokasi ponsel di Maps.

Namun, lokasi ponsel  yang hilang bisa saja tidak akurat dan hanya lokasi perkiraan. Jika tidak berhasil menemukannya, silahkan lihat lokasi terakhir ponsel  jika tersedia. Selain itu, Google punya beberapa fitur lain yang bisa membantu pemilik ponsel untuk menemukan informasi lokasi ponselnya berada

Putar Suara (Play Sound): Akan membuat ponsel  berdering selama 5 menit tanpa henti walaupun dalam keadaan mode getar atau silent. Amankan Perangkat (Secure Device): Pemilik ponsel  bisa mengunci perangkat menggunakan PIN, pola atau password dan mengirimkan pesan seperti nomor ponsel ke layar kunci Anda. Hal ini berfungsi untuk mempermudah orang yang menemukan ponsel  untuk menghubungi pemiliknya

Hapus Perangkat (Eraser Device): Pemilik bisa menghapus seluruh data di ponsel secara permanen. Namun, data-data yang ada di memori eksternal seperti kartu SD mungkin tidak akan terhapus. Perlu dicatat, ketika Anda menggunakan fitur ini, maka aplikasi Find My Device tidak akan berfungsi lagi.

Cara Melacak ponsel Hilang dengan Email

Login ke akun Gmail yang ada di ponsel melalui aplikasi browser di PC atau laptop, Klik ikon titik sembilan yang ada di bagian kanan atas. Pilih opsi “Akun” dan klik menu “Keamanan,” setelah itu, cek informasi mengenai perangkat yang memiliki akses Gmail Anda. Pilih ponsel yang hilang untuk melacaknya, lalu klik tombol “Detail selengkapnya.” Klik opsi menu “Cari perangkat” dan Anda akan diarahkan ke fitur layanan Find My Device milik Google.

Mungkin peta di fitur layanan tersebut tidak menunjukkan lokasi ponsel secara akurat, tapi cara ini bisa tetap dicoba untuk memperkirakan lokasi terakhir ponsel Anda.

Cara Melacak ponsel Hilang Lewat WhatsApp

Masuk ke aplikasi WhatsApp menggunakan ponsel  lain dan cari kontak atau nomor WA pada ponsel yang hilang, Klik kontak tersebut dan pilih ikon “Attach” atau “Lampiran,” setelah itu, pilih ikon lokasi untuk dan klik “Bagikan Lokasi Terkini.”

Lalu pilih Lanjut dan akan muncul kotak berisi pilihan jangka waktu berlakunya pembagian lokasi. Pilih waktu berbagi lokasi paling lama yakni  8 jam, lalu tekan dan pilih “Selanjutnya,” bakal muncul lokasi yang Anda bagikan pada nomor WA di ponsel yang hilang.

Klik lokasi yang dibagikan dan pilih kotak bertuliskan “Melihat lokasi terkini pada kotak pilihan,” Lokasi yang dikirimkan tadi bakal muncul di ponsel  penerima lokasi dan secara otomatis penerima bakal mengetahui lokasi Anda.

Kemudian klik “Dapatkan arah” dan masuk Google Maps untuk mengarahkan Anda ke lokasi ponsel yang hilang.

Cara Melacak ponsel  Hilang dalam Keadaan Mati

Buka aplikasi Google Maps, Klik ikon segitiga kecil di bagian kanan halaman, pilih opsi “Tambah Akun.” Masukkan alamat email yang digunakan di ponsel yang hilang.

Tuliskan kata sandi, lalu klik “Saya Setuju,” setelah itu, klik ikon segitiga kecil di kiri atas halaman dan pilih opsi “Linimasa.” Nanti, aplikasi Google Maps akan mulai menunjukkan lokasi ponsel  Android yang hilang.

Nah pembaca Media SRN tercinta, inilah cara sebagian untuk melacak keberadaan ponsel kita yang hilang, masih ada beberapa cara lainnya yang nakan kami kupas untuk pembaca setia Media SRN, dilain waktu, semoga beberapa cara yang diatas tadi mungkin sedikit bisa membantu untuk menemukan lokasi ponsel kita yang hilang.

Reporter : Satriya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.