167 Penumpang dan 10 Awak Selamat dari Peristiwa Terbakanya Kapal Feri Cantika 77

Tangkapan Layar- Kapal Cepat express Cantika 77 yang terbakar dalam perjalanan Kupang menuju Kalabahi ibu kota Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur.
banner 120x600

SRN/KUPANG (NTT)/24-10-2022 – Peristiwa kembali terjadi di perairan  Indonesi, Sebanyak 167 penumpang dan 10 awak kapal KN Express Cantika 77, rute Kupang-Alor yang terbakar di perairan Laut Timor, selamat.

Kapal tersebut hendak berangkat dari pelabuhan Tanau, Kota Kupang, menuju Kota Kalabahi Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (24/10) siang.

Berdasarkan dari informasi yang diperoleh personel Polsek setempat, sebagian penumpang dari 177 orang tersebut berhasil dievakusi, menggunakan perahu sekoci menuju daratan Tanjung Gemuk, Desa Afoan, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, NTT.

Dalam hasil proses pencarian dan penyelamatan, tim SAR gabungan berkoordinasi dengan kru kapal memprioritaskan operasi penyelamatan, bagi penumpang anak-anak, perempuan, dan lansia.

Salah Satu Penumpang yang Berhasil di Selamatkan Para Nelayan Setempat

Saat ini, penumpang yang berhasil dievakuasi menuju daratan, sedang dalam penanganan dan pengawasan aparat kepolisian Polsek Naikliu serta tim dari medis setempat.

Sementara itu, Pemerintah Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, mengerahkan perahu milik nelayan di Naikliu, untuk membantu melakukan evakuasi para penumpang kapal ferri KN Express Cantika 77 yang terbakar.

“Kami telah meminta seluruh nelayan di pesisir pantai Naikliu untuk membantu penyelamatan dan evakuasi terhadap para penumpang kapal Cantika 77 yang mengalami kebakaran,” kata Camat Amfoang Utara Ambros Nenobais seperti dikutip dari Antara.

Ambros Nenobais mengatakan, hal itu terkait upaya pemerintah Kecamatan Amfoang Utara dalam membantu penyelamatan para penumpang Kapal Cepat Santika yang terbakar Senin (24/10) sekitar pukul 14.00 wita.

“Kami sudah mengerahkan perahu-perahu milik para nelayan maupun masyarakat Naikliu untuk memberikan bantuan pertolongan terhadap para penumpang,” kata Ambros Nenobais.

Ia mengaku belum mengetahui secara persis jumlah penumpang dalam kapal yang mengalami naas itu karena masih dalam proses evakuasi ke daratan Naikliu.

“Kami utamakan para penumpang untuk segera diselamatkan dalam peristiwa itu,” kata Ambros Nenobais.

Seorang penumpang yang selamat dari peristiwa terbakarnya kapal feri KN Express Cantika 77 di Laut Timor, Senin, 24 Oktober 2022.

Ia menjelaskan kondisi cuaca di Naikliu terjadi gelombang dan angin cukup kencang namun sejumlah nelayan tetap berupaya memberikan pertolongan terhadap penumpang.

Sementara itu tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang juga telah bergerak ke Naikliu untuk memberikan bantuan pertolongan dan evakuasi terhadap para penumpang maupun Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Cepat Express Cantika 77. (Maksimus/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.