Dosen Pendidikan Akuntansi Unesa Lakukan Pelatihan Pembuatan E-LKPD Berbasis Flipbook

Dosen Pendidikan Akuntansi Unesa Lakukan Pelatihan Pembuatan E-LKPD Berbasis Flipbook
banner 120x600

SRN/SURABAYA/06-09-2022 – Dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan pengembangan materi ajar bagi guru, Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pendidikan Akuntansi FEB Unesa mengadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan e-LKPD berbasis Flipbook kepada guru-guru khususnya Tim MGMP Akuntansi SMK se-Jawa Timur secara online maupun offline pada tanggal 11 s.d 14 Juli 2022.

Kegiatan ini secara online dilakukan melalui platform zoom meeting, sedangkan offline dilakukan di SMKN 1 Ponorogo. Ada empat tim PKM Pendidikan Akuntansi Unesa. Diantaranya adalah Han Tantri Hardini, S.Pd., M.Pd sebagai ketua dan beranggotakan Drs. Joni Susilowibowo, M.Pd., Dr. Agung Listiadi, M.Ak., dan Rochmawati, S.Pd., M.Ak.

‚ÄúPelatihan ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sebagai upaya pembuatan E-LKPD berbasis flipbook untuk kemajuan dan meningkatkan profesionalisme serta kreativitas pendidik dalam menyiapkan media pembelajaran/bahan ajar berbasis digital sesuai dengan era saat ini yang serba digital,” ujar Tantri dalam keterangan tertulis diterima redaksi, Sabtu (3/9) hari ini.

Ketua Tim PKM Pendidikan Akuntansi FEB Unesa mengatakan bahwa keberhasilan seorang pendidik dalam mengajar tidak hanya dipandang dari bagaimana cara pendiri mengajarkan suatu materi tetapi banyak indikator dan faktor yang mendukung sehingga pembelajaran dapat dikatakan berhasil, salah satunya yaitu penggunaan bahan ajar dan media pembelajaran.

“Pendidik Pendidik tidak hanya update materi tetapi juga bahan ajar dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi canggih agar mendukung proses pembelajaran dan sebagai penyesuaian kurikulum terbaru yang lebih menekankan student centered,”ujarnya.

Lebih lanjut, Kata Tantri, Pembuatan E-LKPD berbasis Flipbook ini memiliki kelebihan diantaranya dapat menyajikan pembelajaran dalam bentuk kata-kata, gambar, audio, video dan dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian peserta didik, pembuatan yang mudah dan harga murah, mudah dibawa kemana-mana, lebih praktis dan ringan dibandingkan buku cetak, serta dapat diakses melalui PC/Laptop/Smartphone.

“Disisi lain, pemanfaatan flipbook dapat menambah pengalaman peserta didik dari segala media dan membantu menghilangkan rasa bosan peserta didik karena lebih variatif ditambah terdapat fitur untuk memudahkan pengaksesan flipbook tersebut,”ungkap dia.

‚ÄúPelatihan ini diharapkan memberikan pemahaman terkait penyusunan E-LKPD berbasis flipbook sebagai upaya untuk kemajuan dan meningkatkan kreativitas pendidik dalam menyiapkan media pembelajaran/bahan ajar berbasis digital seiring dengan perkembangan zaman demi terciptanya pendidikan yang berkualitas,”ungkapnya. (AgusB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.