Budaya  

Masakan Khas Trenggalek Nasi Gegok yang di Sukai Wisatawan

Masakan Khas Trenggalek Nasi Gegok
banner 120x600

SRN/TRENGGALEK – Kekayaan Kuliner di Jawa Timur sangatlah kaya dan beragam, salah satunya di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, punya makanan yang amat terkenal karena harganya sangat terjangkau, untuk masyarakat kecil. Nama Kuliner itu adalah Nasi Gegok. 

Nasi Gegok ini lebih dikenal sebagai makanan khas di wilayah Kecamatan Bendungan, Trenggalek.

Pada umumnya Nasi Gegok ini terdiri dari nasi punel (nasi pulen dan menggumpal), yang ditambahkan sambal dan serta lauk.

Lauk isian dari Nasi Gegok biasanya terdiri dari, lauk ikan teri. Namun bisa juga dengan lauk penggantinya seperti ikan tuna dan ampela ayam.

Nasi Gegok ini dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian nasi ini dikukus, sehingga memiliki aroma yang khas. 

Seporsi Nasi Gegok ini dijual dengan harga yang relative murah sebesar Rp 3.000. Harga yang relatif terjangkau ini sebanding dengan ukuran Nasi Gegok yang terbilang sedikit. 

Namun Nasi Gegok sangat disukai oleh banyak masyarakat.  Nasi Gegok di Trenggalek ini dijual diwarung warung. 

Nasi Gegok banyak dibeli wisatawan bila sedang berada di Trengglek, karena rasanya yang khas, enak serta murah.

“Karena kalau orang Trenggalek sendiri, sudah sering. Jadi banyak orang beli untuk dibungkus dalam jumlah banyak untuk dibawa pulang,” ujar Rahayu (35), salah satu pedagang warung yang menyajikan Nasi Gegok.

Konon menurut warga Trenggalek, Nasi Gegok dulunya adalah bekal untuk para petani yang sedang menggarap sawah atau kebun, di Kabupaten Trenggalek.

Cara masaknya yang sangat mudah dan penyajiannya yang ringkas, simpel membuat makanan ini jadi andalan mereka yang bekerja di sawah atau kebun.

Lambat laun,dengan perubahan jaman dan dikenalnya kuliner Nasi Gegok ini, maka diolahlah menjadi menu khas masakan Trenggalek  yang dijual untuk masyarakat umum.

Bila para pembaca setia media SRN (seputarrakyatnews), sedang berlibur atau melewati daerah Trenggalek silahkan mencaba masakan khas Nasi Gegok ini, dijamin anda akan ketagihan. (Li2K)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.