59 Siswa Kejuruan Polisi Militer Kodiklatal  Dianugerahi Baret Korps Pomal

Sebanyak 59 Prajurit siswa Pusat Pendidikan Polisi Militer Angkatan Laut (Pusdikpomal) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal, mendapat penganugerahan Baret Korps Pomal dalam upacara pembaretan yang dipimpin langsung Danpuspomal Laksamana Muda TNI Edwin di lapangan Dharma Wira Satya Pusdikpomal, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat (19/8).
banner 120x600

SRN/Surabaya – Sebanyak 59  Prajurit siswa Pusat Pendidikan Polisi Militer Angkatan Laut (Pusdikpomal) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal, mendapat penganugerahan  Baret Korps Pomal dalam upacara pembaretan yang dipimpin langsung Danpuspomal Laksamana Muda TNI Edwin di lapangan Dharma Wira Satya Pusdikpomal, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat (19/8).

Ke-59 siswa terdiri dari 27 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) , dan 32 siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 41 Gel.2 TA 2021. Sementara turut hadir dalam prosesi penganugerahan baret korps Pomal yakni Wakil Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, mewakili Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono. Berikutnya Irkodiklatal, Kapokgadik Kodiklatal, para Dirkodiklatal, para Dankodik, Danpusdikpomal, para Danpusdik jajaran Kodiklatal, serta Dandenma Kodiklatal. Juga jajaran Danpom TNI AL Wilayah Surabaya.

Upacara penganugerahan baret Pomal diwarnai dengan tradisi pemberian air bunga oleh Danpuspomal yang disiramkan ke kepala salah satu siswa. Ini merupakan simbol doa restu dari orang nomor satu di jajaran Pom TNI AL kepada seluruh siswa , atas diterimanya mereka menjadi bagian dari keluarga besar Pomal. Selanjutnya  Danpuspomal mengenakan baret biru Pomal kepada siswa.

59 Siswa Kejuruan Polisi Militer Kodiklatal  Dianugerahi Baret Korps Pomal

Sementara Danpuspomal dalam amanatnya mengungkapkan jika tradisi pembaretan merupakan suatu pengakuan dan penghargaan, serta kehormatan bagi prajurit Pomal sebagai garda terdepan dalam penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI AL.

Ditambahkannya bahwa pembaretan ini juga menajdi bagian penting dan tidak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang prajurit Pomal yang berjiwa Wijna Wira Widhayaka, sekaligus menumbuhkan jiwa korsa dan kebersamaan.

“Kegiatan ini (pembaretan)adalah suatu upaya untuk membentuk jiwa korsa dan semangat kebersamaan diantara sesama prajurit korps Pomal dalm menumbuhkan nilai-nilai kejuangan sebagai polisi militer yang handal dan selalu berhasil dalam setiap penugasan,” terang  Danpuspomal.

Disisi lain tambah Danpuspomal, kegiatan ini sebagai implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yang senantiasa ditekankan oleh Dankodiklatal yakni upaya membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional sebagai salah satu kekuatan TNI AL. (NoviSH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.